«

»

Sebanyak 47 Peserta Ikuti Orda IKMI Kota Pekanbaru

ilustrasi pembukaan pelatihan

ilustrasi pembukaan pelatihan

PEKANBARU, ikmipekanbaru.org – Guna memberikan  pengenalan dan pembekalan, Idaroh Kemakmuran Masjid Indonesia Koordinator Wilayah (IKMI Korwil) kota Pekanbaru, mengadakan Orientasi Dakwah dua hari kepada muballigh (ah) dan calon muballigh (ah). Acara dibuka hari ini, Sabtu 12 Jumadiltsani 1438 (11 Maret 2017) oleh Ketua Umum IKMI Korwil Provinsi Riau, Ustadz Dr H Ismardi Ilyas), di Gedung Mahligai Masjid, Jalan Todak/Udang Putih, Marpoyan Damai, Pekanbaru.

Disampaikan oleh Ketua Panitia Pelaksana (Tua Panpel), Ustadz Encik Ivan Marfikuila B.E.S, semula ada 67 yang mendaftar, 54 di antaranya mengikuti tes dan wawancara. Namun, yang mendaftar ulang hingga menjelang pembukaan, hanya 47. Ketidakhadiran7 orang lagi tanpa pemberitahuan kepada panitia, tutur Ivan.

Pendidikan terakhir kebanyakan peserta telah menyelesaikan jenjang Strata 1 (S-1), bahkan sepertiganya S-2. Hanya beberapa saja yang masih kuliah. Peserta tertua Drs Alimar (kelahiran 1954), dan yang termuda Fuzan Azhim Syafiuddin (kelahiran 1997).

Idealnya kegiatan itu Orda itu sepekan, kata Ivan. Tapi karena pendidikan peserta, dan banyak yang sudah muballigh cuma belum menjadi anggota IKMI, dan juga keterbatasan dana, maka dipadatkan dua hari.

Orda dipadatkan dengan penyampaian materi pada kegiatan pagi ke petang menjelang maghrib, hingga esok, Ahad (12/3/2017). Materi yang akan disajikan: Ke-IKMI-an oleh Ustadz Dr. H. Ismardi Ilyas, M.A; Akhlaq al-Du’at (Adab Berdakwah) oleh  Ustadz Drs. Azwir Mu’in Domo; Probllematika Dakwah Masa Kini oleh Ustadz Dr M Rakib Jamari, S.H, M.g; Ruh al-Jihad (Semangat Perjuangan) dalam Islam oleh Ustadz H Saidul Amin, M.A pada hari pertama. Hari kedua, Muqorronah al-Madzahib oleh Ustadz Dr H Maghfirah Abubakar, M.A; Materi dan Retorika Dakwah oleh Ustadz Dr H Syafwi Khalil, M.Pd, Bimbingan Khatib dan Imam oleh Ustadz Drs Taslim Prawira, M.A, Praktikum Khatib dan Imam oleh Ustadz H Zulfikar Abdul Malik, Lc, dan Evaluasi oleh Panpel yang diakhiri acara penutupan.

IKMI semula singkatan dari Ikatan Kemasjidan dan Muballigh Indonesia, yang merupakan perwujudan dari Kesatuan Aksi Masjid Seluruh Indonesia (KAMSI) yang berpusat di Jakarta. Organisasi dakwah inilah yang aktif menyusun jadwal dakwah para muballigh(ah), yang ada pula di Kabupaten/Kota lain di Riau. Anggota IKMI Korwil Kota Pekanbaru meliputi lebih 600-an masjid dan mushalla (tapi untuk jadwal Jum’at ada 389 masjid), yang didukung anggota 1507 yang bernomor anggota. Tapi hanya sepertiganya saja yang aktif di luar Romadhon, kata Ketua Umum IKMI Kota Pekanbaru, Masyhuri Mansyur, SAg MPd.I.

Acara yang didahului pembcaan ayat-ayat al-Qur’an oleh Parlindungan Simbolon, S.I.Q, M.Us, dan diakhiri do’a yang dipimpin Bakri S.Ud dihadiri pula oleh sejumlah pengurus dan beberapa muballigh . Buya Tuan Guru H Drs Syafruddin Saleh MS, Ketua Badan Pengawas (Tua Bawas) IKMI Kota Pekanbaru juga  tampak hadir. (sumber :senuju.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML berikut: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>